Rabu, 29 Desember 2010

Pramuka Muda Pramuka Berkarya

Dasa Dharma dan Trisatya Pramuka adalah landasan berpikir dan berprilaku positif setiap anggota Pramuka dalam menjalankan misinya menuju keberhasilan dan kesuksesan di masa depan. Karena, dengan landasan ini setiap insan Pramuka tersebut, akan mampu berjalan diatas kaki kebaikan dan kebenaran dimana pun Ia berada.
Semangat yang dikobarkan Baden Powell sebagai Bapak Pandu Dunia adalah kekuatan berarti yang harus dijalankan oleh setiap individu untuk menjadikan tugas berat menjadi ringan dalam bingkai kekompakan. Termasuk, merangkai berbagai perbedaan menjadi satu kesatuan dan persatuan utuh berlandaskan Pancasila.
Keadaan saat ini, tentu berbeda dengan masa lalu, perubahan dirasakan tetap dapat menjadi suatu penentu keberhasilan dan kegagalan menjalankan prosesi kehidupan. Keprihatinan, terhadap kondisi psikis kaum muda akhir-akhir ini dapat diartikan sebagai kelemahan orang tua dalam menata kasih dan sayang. Kewajiban yang dibebankan tidak cukup dengan tanggungjawab sebelah pihak. Kaum muda membutuhkan semangat dukungan dan pendamping yang baik dan bijak untuk mendapatkan kemajuan. Tidak ditinggal dalam kondisi terpuruk dan tak bisa berbuat apa-apa.
Pergaulan masa kini yang begitu semarak dengan hiburan dan kebebasan diartikan sempit oleh kaum muda yang merasa sudah cukup umur untuk memilah mana yang baik dan mana yang salah. Namun, hal tersebut,tidak menjadi jaminan dikala, mereka tidak patuh terhadap norma dan etika yang berlaku. Pergaulan bukan hanya diinginkan untuk mencpai sesuatu.Tapi, pergaulan dapat dijadikan komunikasi jiwa dan pikiran tentang kebersamaan berbangsa dan bernegara.
Pelajaran dan pengajaran yang diaplikasikan para Pelatih dan Pembina merupakan jembatan penyebrangan dari ketidak tahuan menjadi pintar dan cerdas memproyeksikan sesuatu yang bakal berharga dan bernilai. Nilai-nilai kecakapan khusus pun kan berdampak baik pada dasar setiap anggota Pramuka guna mengerti tujuan aktivitas yang dilaksanakan sampai pada kehidupan sehari-hari.
Pramuka muda adalah pisik, jiwa serta pikirannya yang selalu sehat, aktif, dan cerdas walau berbagai kendala kadang selalu muncul mengiringi perjalanan hidupnya. Namun, bimbingan total dan kasih sayang orang tua dan guru terhadap perkembangan mental spritual adalah modal menuju potensi diri mereka untuk berprestasi.
Pengaruh globalisasi pun menandakan adanya dorongan semangat untuk maju teratur tanpa merusak janji yang telah dikrarkan dan dapat menyesuaikan dengan berbagai kondisi. Hormat menghormati antar sesama adalah wujud amalan yang perlu terus ditanamkan berakar sampai generasi berikutnya. Tentunya, hal ini akan terwujud bila semua kalangan berpihak pada tujuan yang sama. Bangkitnya Gerakan Pramuka kembali saat ini, adalah momentum besar untuk lebih mengasah ketajaman pemikiran kita akan masa depan generasi penerus bangsa dengan memberi ruang berpendapat dan berkarya semaksimal mungkin.
Keinginan Ka Kwarda Jabar Dede Yusuf untuk menjadikan Jawa Barat sebagai Propinsi Pramuka merupakan harapan bersama seluruh unsur kepramukaan Jawa Barat dalam mendidik, membina serta memajukan sumber daya Gerakan Pramuka Jawa Barat menjadi lebih maju. Disamping, kemitraan yang solid dengan semua pihak adalah kunci keberhasilan meningkatkan prestasi kaum muda. Termasuk, keinginan dari Ka Kwarcab Kota Bandung Edi Siswadi bersama 30 orang Ka Kwarran se-Kota Bandung yang ingin menjadikan Kota Bandung sebagai Kota Pramuka sejak 2006 lalu. Adalah, amanah yang tetap wajib untuk dilaksanakan.
Undang-Undang Gerakan Pramuka yang baru saja disahkan, DPR RI dan Pemerintah tahun 2010 ini, merupakan bentuk payung hukum yang tepat bagi lancar dan suksesnya kegiatan kepramukaan di Indonesia. Disamping, anggaran yang juga harus disesuaikan secara berkala. Namun, yang terpenting dari semua itu, adalah adanya harapan bersama semua elemen bangsa bahwa untuk mengembalikan kejayaan Gerakan Pramuka Indonesia di pentas pendidikan nusantara bukan hanya melalui beragam kegiatannya.Tapi, dari semua lini kehidupan lainya yang bertujuan sama membangun Indonesia lebih maju.
Benny Kurniawan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar