Selasa, 13 Juli 2010

Angkat Khazanah Budaya Dalam Nilai Karya Cipta

Pandangan manusia dalam menilai budaya dan kebudayaan sangat beragam disesuaikan dengan keadaan alam dan lingkungan tempat tinggalnya. Dimanapun manusia dan mahluk hidup lainnya tinggal dari sejak diciptakannya bumi ini Jutaan tahun lalu, telah banyak menghasilkan beragam budaya yang diwujudkan dengan berbagai karya cipta. Semua karya cipta tersebut, pada setiap jamannya dapat diartikan sebagai bentuk penghormatan dan penghayatan manusia dalam menjalani hidup dan kehidupan, salah satu diantaranya melalui pelaksanaan ritual atau ibadah di masing-masing keyakinan, termasuk untuk keperluan hidup lainnya.
Pola pikir manusia yang terus berkembang dari waktu ke waktu menjadikan semua hasil kerajinan tangan mereka baik yang mayoritas terbuat dari unsur batu, kayu, tanah, maupun logam turut pula berkembang dan terus beradaptasi dengan semua kondisi lingkungan. Namun, dari sekian banyak karya yang tersebar di seluruh dunia, ada pula yang menjadikannya sebagai senjata bagi para penggunanya. Intinya, manusia membuat semua karya sudah barang tentu disesuaikan pada kebutuhan akan tujuan hidup baik nilai dasar maupun fungsinya.
Kemajuan teknologi yang terus berlangsung hingga kini, memberikan andil besar dalam perkembangan hasta karya manusia. Pengaruh yang dihasilkannyapun sudah dapat dijadikan inspirasi baru generasi berikutnya, untuk menciptakan karya-karya berinovasi lainnya tanpa meninggalkan nilai estetika didalam setiap produk karya.
Eropa, Amerika, Asia, Afrika, dan belahan dunia lainnya telah membentuk pola nilai tersendiri dalam memahami arti setiap karya yang dihasilkan, tapi tidak sedikit pula malah menjadi unsur perusak tatanan nilai yang telah ada. Oleh karena itu, masyarakat dunia dimanapun dengan caranya masing-masing berupaya menjaga serta melestarikanya agar nilai keaslian budaya leluhur tidak luntur dan terbawa arus jaman yang semakin lama-semakin tidak menentu.
Indonesia sebagai negara multi etnis dan multi kultur dengan beragam kekayaan khazanah budaya adalah salah satu bangsa di kawasan asia yang saat ini sedang berupaya terus menjaga kelestarian setiap hasil karya budaya masyarakatnya. Pemerintah dalam hal ini melalui peraturan pemerintah tidak tinggal diam untuk menyelamatkan dan melindungi berbagai produk karya lokal agar tidak lagi diakui oleh negara lain sebagai karya milik bangsanya.
Peran serta para seniman dan perajin dalam negeri dituntut pula untuk senantiasa menghasilkan karya-karya kreatif baru bermutu dan bernilai termasuk bagi nilai jualnya. Sejumlah karya yang telah mendunia memberikan nilai penghargaan besar bahwa Indonesia dapat pula diperhitungan di mata dunia. Untuk itu, perlu adanya dukungan bersama menciptakan manajemen pengelolaan hasil-hasil budaya lokal demi mengangkat harkat dan martabat bangsa melalui karya budaya termasuk meningkatkan kesejahteraan para seniman dan perajinnya.
Benny K/ Satgiat Humas Pramuka Bandung



Tidak ada komentar:

Posting Komentar