Senin, 05 Juli 2010

Kaum Muda dan Misi Penyelamatan Aset Budaya

Indonesia yang begitu dikenal oleh mancanegara banyak memiliki khazanah budaya mulai dari ujung pulau Sabang sampai Merauke sangat memberikan arti tersendiri bagi pencitraan positif yang harus dipegang teguh oleh seluruh rakyat di negeri tercinta nusantara kita ini. Kekayaan leluruh yang membanggakan tersebut, tidaklah luntur ditelan zaman bila, regenerasi berikutnya mampu menjaga dan merawat dengan sepenuh hati serta terus berupaya mengembangkan sumber daya manusianya untuk lebih memajukan aset budaya warisan nenek moyang menjadi lebih baik dan sempurna.
Keterlibatan generasi muda dalam rangka memanfaatkan potensi diri pada karya cipta para seniman dan budayawan sangat dibutuhkan guna menyajikan hasil karya bermutu yang dipadupadankan dengan perkembangan zaman dan teknologi. Namun, tetap tidak meninggalkan atau melunturkan tetika kultur budaya yang telah lama mengakar.
Keragaman adat istiadat yang tumbuh di seluruh pelosok tanah air menjadi dasar terbentuknya insan-insan berbudaya bhineka tunggal ika yang bermuara pada tujuan utama yaitu kesatuan dan persatuan bangsa berlandaskan Pancasila dan UUD’45.
Kecendrungan sebagian dari kaum muda masa kini, yang kurang mengerti dan memahami setiap budaya negerinya wajib disikapi dengan bijak oleh semua pihak terutama dalam hal ini keluarga, para pendidik, dan lingkungan sekitarnya bahwa perlu adanya kesepahaman bersama melalui langkah sosialisasi melalui pendidikan serta pembinaan terarah agar mereka tidak terjebak kedalam pemahaman aplikasi budaya yang salah secara global.
Pengaruh globalisasi yang semakin gencar saat ini, jangan menjadi kelemahan kita untuk mempertahankan tatanan budaya dalam menjalani sendi-sendi kehidupan berbangsa dan bernegara. Salah satunya, melalui kreatifitas dan inovasi baru kaum muda dalam rangka lebih memperkaya hasil karya cipta terdahulu termasuk menanamkan nilai-nilai sosial budaya sebagai bentuk pengharapan kepada generasi berikutnya.
Peninggalan-peninggalan kebudayaan masa lampaupun tetap wajib terjaga utuh guna memberikan bukti keberadaan dan keberagaman kultur budaya kita telah hadir sejak dulu kala dan menjadi bagian dari tujuan kehidupan bangsa ini selanjutnya. Oleh sebab itu, misi kaum muda untuk menyelamatkan aset budaya bangsa wajib hukumnya untuk didukung oleh siapa saja, baik dukungan moril maupun materiil agar nantinya terlihat kemajuan yang berarti, bermanfaat dan lebih bernilai. Indonesia yang multi kultur merupakan sebuah anugerah Tuhan YME terhadap bangsa ini, untuk selalu berperan aktif menghasilkan suatu maha karya unggulan dari setiap anak bangsa yang berprestasi di bidangnya masing-masing tanpa harus larut kedalam kondisi dan situasi saat ini yang juga sedang berkecamuk. Diharapkan, nantinya kita semua sebagai sebuah bangsa yang bermartabat akan kembali kedalam satu kesatuan dan persatuan yang sempurna serta berharga di mata dunia.
Benny K/Satgiat Humas Pramuka Kota Bandung

Tidak ada komentar:

Posting Komentar